Minggu, 11 Oktober 2015

# SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

Salah satu alat elektronik yang pasti dimiliki setiap orang saat ini adalah komputer. Hampir disetiap rumah kita bisa menemukan ini. Semua kantor pun menggunakan fasilitas teknologi ini. Segala hal bisa kita akses dari Komputer.
-Mega Surya, Penulispro.com-

Kutipan dari artikel tersebut memang benar adanya. Hampir setiap individu pasti menggunakan computer setiap harinya baik untuk bekerja hingga bermain. Computer yang pada awal penciptaannya merupakan alat berhitung ini dapat memproses informasi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan manusia. Akan tetapi, sebenarnya system pemrosesan informasi pada computer dan manusia dapat dikatan serupa. Hal ini dapat dilihat dari arsitektur computer dengan struktur kognisis manusia.

1.      Arsitektur computer
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

Secara ringkas komputer menerima informasi dalam bentuk program dan data melalui unit input dan menyimpannya dalam memori. Informasi yang disimpan dalam memori diambil, di bawah kontrol program, ke unit aritmatika dan logika, di mana informasi tersebut diproses. Informasi yang terproses meninggalkan komputer melalui unit output. Semua kegiatan di dalam mesin tersebut diarahkan oleh unit kontrol.

·         Unit input
Komputer menerima informasi terkodekan melalui unit input, yang membaca data tersebut. Peralatan input yang paling terkenal adalah keyboard. Kapanpun suatu tombol ditekan, huruf atau digit yang sesuai secara otomatis ditranslasikankan menjadi kode biner yang tepat dan ditransmisikan melalui suatu kabel ke memori atau ke prosesor.
·         Memori
Fungsi unit memori adalah untuk menyimpan program dan data. Terdapat dua kelas  penyimpanan, primer dan sekunder. Penyimpanan primer adalah memori cepat yang beroperasi pada kecepatan elektronik. Program harus disimpan dalam memori tersebut pada saat dieksekusi.
·         Aritmatika dan Logika
Kebanyakan operasi komputer dieksekusi dalam unit aritmatika dan logika (ALU : arithme~o and logic unit) pada prosesor. Operasi aritmatika diawali dengan membawa operand yang diperlukan ke prosesor, di mana operasi tersebut dilakukan oleh ALU. Pada saat operand dibawa ke prosesor, operand tersebut disimpan dalam elemen Penyimpanan kecepatan tinggi yang disebut register. Tiap register dapat menyimpan satu word data. Waktu akses ke register lebih cepat daripada waktu akses ke unit cache tercepat dalam hierarki memori. Unit kontrol dan unit aritmatika dan logika jauh lebih cepat daripada peralatan lain yang terhubung ke sistem komputer. Jadi memungkinkan satu prosesor tunggal mengendalikan sejumlah peralatan eksternal seperti keyboard, display, disk magnetik dan optikal, sensor, dan kontroler mekanik. 
·         Output
Unit output adalah pasangan unit input. Fungsinya untuk mengirimkan hasil yang telah diproses ke dunia luar. Contoh yang paling umum dari peralatan tersebut adalah printer. Printer menggunakan mechanical head impact, inkjet stream, atau teknik fotokopi, seperti dalam printer laser. untuk melakukan pencetakan.
·         Kontrol
Unit memori, aritmatika dan logika, dan input dan output menyimpan dan mengolah informasi dan melakukan operasi input dan output. Operasi unit-unit tersebut harus dikoordinasi dengan beberapa cara. Kooordinasi adalah tugas dari unit kontrol.

2.      Struktur kognisi manusia
Neisser (dalam solso) mengatakan bahwa kognisi mengacu pada seluruh proses dimana input sensorik diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan, diambil kembali dan digunakan. Secara singkat, Stimulus yang diterima oleh alat indra menjadi input dan masuk ke penyimpanan sensoris. Dari penyimpanan sensori stimulus yang diterima disaring. Dalam penyaringan ini sstimulus dipilah menjadi informasi yang penting dan tidak. Informasi yang penting kemudian dilanjutkan ke proses pengenalan pola sementara informasi yang tidak penting dibuang. Informasi kemudian diidentifikasi dalam proses pengenalan pola dan diseleksi. Setelah itu informasi masuk ke memori jangka pendek dan dikeluarkan sebagai output. Selain itu informasi juga disimpat kedalam memori jangka panjang untuk disimpan dan dipanggil kembali.






·         Penyimpanan sensoris
Bagian penyimpanan memori yang selama sepersekian detik memegang informasi sensori yang belum dianalisis dan memberi kesempatan bagi analisis tambahan yang mengikuti terhentinya stimulus.
·         Penyaringan
Bagian dari perhatian dimana beberpa informasi perceptual dihalangi dan tidak dikenali, sementara beberapa informasi lain menerima perhatian dan kemudian dikenali.
·         Pengenalan pola
Tahapan persepsi selama stimulus diidentifikasi
·         Seleksi
Tahap yang mengikuti pengenalan pola dan menentukan informasi mana yang akan diingat oleh seseorang.
·         Memori jangka pendek
Memori yang memiliki kapasitas terbatas dan hanya berlangsung selama 20-30 detik dalam keberadaannya.
·         Memori jangka panjang
Memori yang tidak memiliki batasan kapasitas dan berlangsung mulai dari hitungan menit hingga selamanya

Dari penjelasan arsitektur computer dan struktur kognisi manusia diatas dapat dilihat bahwa terdapat hubungan antara keduanya. Sperti yang disebutkan Ormerod dalam jurnalnya yang berjudud Human cognition and programming, bahwa arsitektur computer dan struktur kognitif memiliki hubungan, dilihat melalui melalui psikologi kognitif yang didasarkan pada metafora komputasional dimana manusia dilihat sebagai pemroses informasi yang mirip dengan computer. Selain itu struktur kognitif manusia menawarkan metode untuk memeriksa proses yang mendasari kinerja dalam tugas komputasi. Selain itu keduanya memiliki persamaan dimana stimulus atau data yang diterima kemudian dan diolah untuk menjadi respon atau output atau disimpan dalam memori untuk dipanggil kembali.

Walaupun memiliki hubungan dan persamaan, computer dan manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Seperti yang dikatakan oleh Solso, Machlin & Machlin (2007) apa yang mampu dilakukan computer dengan baik (melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat), pada umumnya tidak mampu dilakukan manusia dengan baik. Sebaliknya apa yang mampu dilakukan manusia dengan baik (menyusun generalisasi, membuat kesimpulan, memahami pola-pola yang kompleks, dan memiliki emosi) tidak mampu dilakukan computer dengan sempurna (bahkan kadang-kadang computer tidak mampu melakukannya sama sekali).

Daftar referensi
Ormerod, Tom.(1990). Human cognition and programing. psychology of programing pp. 63-82
Reed, Stephen K. (2011). Kognisi teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Solso, R, L. Machlin O, H. Machlin, M, K. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Surya, Mega. (2015). Ini Dia Teknologi Komputer Terbaru dan Tercanggih yang Super Banget!. http://penulispro.com/ini-dia-teknologi-komputer-terbaru-dan-tercanggih-yang-super-banget/28413/ (diakses pada 11 Oktober 2015, 15.55 WIB)
http://dhedee29.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/39215/organisasi+dan+arsitektur+komputer.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar