Jumat, 15 November 2013

Fenomena Interpersonal dalam Internet

Masih seputar internet dan penggunanya, artikel kali ini akan membicarakan Fenomena interpersonal yang terjadi dalam internet. Apa itu interpersonal? Interpersonal adalah hubungan yang terjadi antar individu. berarti fenomena interpersonal adalah terjadinya hubangan antar individu yang terjadi dalam internet.
Secara sadar maupun tidak sebenarnya pengguna internet saling terhubung satu sama lain akan tetapi sadar maupun tidak sadarnya tergantung dari  situs apa yang pengguna internet tersebut. jika pengguna internet mengakses situs berita atau blog maka telah terjadi hubungan interpersonal yang tidak di sadari. Mengapa demikian? Karena artikel yang dimuat dalam blog atau situs berita memiliki tujuan yaitu memberikan pengetahuan atau wawasan terhadap sesuatu. Berarti pengakses situs tersebut telah menerima wawasan atau pengetahuan yang penulis berikan. Sebuah interaksi bukan? Tapi kenapa interaksi ini merupakan interaksi tidak langsung? Hal ini disebabkan karena interaksi ini hanya terjadi satu arah.
Lain halnya dengan situs chating atau gaming yang memiliki fitur chat yang memungkinkan sesama pengguna situs berinteraksi satu sama lain. Situs chating atau yang biasa digunakan adalah situs sosial media (socmed) seperti Facebook dan twitter merupakan situs yang paling banyak terjadi fenomenal interpersonalnya. Mengapa? Jelas karena situs ini memungkinkan dua atau lebih pengguna berinteraksi satu sama lain. Tetapi terdapat beberapa fitur yang lebih menunjang seperti adanya fitur grup yang memungkinkan adanya interaksi sekelompok pengguna internet yang memiliki kesamaan baik hobi, pandangan, maupun asal daerah.
Seperti banyak hal didunia yang memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari melakukan hubungan dengan seseorang diantaranya adalah dapat terjadi penipuan, malas keluar rumah, atau bahkan sampai mengalami gangguan kepribadian. Apalagi jika orang yang berinteraksi dengan kita adalah orang yang tidak kita kenal.
Pernah dengar kasus penculikan yang di awali dari perkenalan dari facebook? Nah mungkin ini adalah salah satu contoh konkrit dari kekurangan hubungan interpersonal di jejaring sosial. Perlu di ingat bahwa tidak semua pengguna internet adalah orang baik dan jujur dan profil pada jejaring sosial dapat di samarkan. Tidak salah jika anda ingin memperluas lingkaran sosial anda, tetapi perlu di waspadai jika orang yang berkenalan ingin mengajak anda bertemu di suatu tempat, apalagi tempat yang asing buat anda.
Jika menurut anda tertarik dengan orang tersebut dan ingin mengambil tawarannya tidak ada salahnya anda mengajak orang yang dapat melindungi anda dan dirinya. Atau jika perlu bawa juga kakak anda atau ayah, ibu, om, tante atau bahkan keluarga besar sekalian. INGAT! DAHULUKAN KESELAMATAN ANDA!.
Fenomena interpersonal juga dapat menimbulkan perilaku negative seperti delusional. Ada beberapa orang yang ingin sekali mendapatkan pasangan yang ideal atau bahkan kelewat ideal yang mungkin hanya dapat anda temukan di negri dongeng. Orang ini lalu terobsesi dengan pasangan imaginernya tersebut dan terobsesi untukmenemukannya melalui media sosial. Anda salah satunya? Taubatlah dan hentikan kebiasaan tersebut karna tidak sehat bagi jiwa anda.
Selain itu ada juga orang yang sangat aktif dan menyenangkan saat di temui di dunia maya. Tetepi, saat bertemu langsung… SUPER INTROVERT!!! Ngga super juga sih tapi yaaa… tetep aja introvert. Tidak akan di bahas secara mendalam di artikel ini tetapi jika anda menemukan orang seperti ini di lingkungan anda, sering sering lah ajak dia berinteraksi. Biasanya orang seperti ini memiliki suatu trauma di masa lalu. Lebih baik jika kita memiliki teman yang dapat mendengarkan keluh kesah kita bukan? Dan jika anda ternyata merupakan salah satu di antara mereka cobalah membuka diri sedikit demi sedikit. Memang teori tidak semudah praktek tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Banyak sekali orang yang takut dirinya tidak diterima karena aneh tetapi pada dasarnya manusia memiliki keanehannya masing-masing (pengalaman ;p). jadi semoga anda menemukan teman yang aneh dan dapat menerima keanehan anda.
Mungkin hanya saya bahas, semoga bermanfaat bagi anda sekalian yang membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar